IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor khusus dan unik pada setiap ponsel pada waktu diproduksi untuk mengidentifikasi ponsel tersebut. Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. Jika suatu ponsel punya slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki perangkat tersebut.

Untuk mengetahui apakah ponsel kita adalah ponsel resmi atau black market, bisa dilakukan dengan pengecekan IMEI pada ponsel berikut ini:

  1. Ketik *#06# pada ponsel Anda dan memanggil. Di situ akan muncul nomor imei ponsel Anda.
  2. Cek nomor IMEI tersebut apakah sama tidak dengan dus ponsel Anda, bila berbeda mungkin saja HP Anda adalah HP black market.
  3. Kemudian cek IMEI ponsel Anda apakah terdaftar pada kementerian perindustrian atau tidak. Kementerian perindustrian mendata semua ponsel yang masuk ke indonesia. Sehingga setiap ponsel yang masuk resmi ke Indonesia bisa di cek resmi atau tidak dengan masuk ke website remi kementerian perindustrian di kemenperin.go.id/imei. Kemudian masukan nomor IMEI ponsel Anda dan pilih cari. Jika IMEI terdaftar, akan muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Sementara itu jika IMEI ponsel BM, akan muncul ketrangan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.”

Demikian cara cek status Ponsel kita apakah resmi atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.